Validasi Pada Program Pascal dan C++

hallo sob, kali ini saya ingin berbbagi mengenani Validasi Pada Program Pascal dan C++. Maksud validasi disini adalah, bagaimana sebuah program dapat mengenal apakah inputan yang kita masukkan sudah bear atau belum. Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara penulisan validasi terebut pada bahasa pemrograman pascal dan C++.

Ada dua macam model validasi, yaitu validasi terhadap batasan angka, dan validasi terhadap huruf / angka. Maksud dari validasi batasan angka disini adalah, jika kita menginputkan data yang berupa angka, kita dapat melakukan pembatasan terhadap inputan. Misalkan kita membatasi inputan sampai 5 saja, maka saat kita menginputkan angka di atas 5, maka program akan memberitahukan bahwa data yang diinputkan salah, dan mengarahkan untuk mengulang inputan. Bagaimana? apakah sudah ada bayangan? hehe, maaf bahasa saya agak mumet🙂

Oke, agar lebih mudah dimengerti, mari kita lihat perogram kecil yang super sederhana di bawah ini.

Setelah dijalankan maka program akan seperti ini:

pada gambar di atas, terlihat ketika inputan yang dimasukkan lebih dari 5, maka akan muncul pemberitahual bahwa inputan salah, kemudian akan di arahkan kembali untuk menginput lagi.

Contoh di atas memang sangat sederhana, selanjutnya mari kita lihat lebih jauh teknik validasi yang lebih menarik lagi.

Ini dia, validasi terhadap huruf. Maksudnya adalah jika data yang ingin kita inputkan adalah berupa angka dan tidak boleh huruf. Langsung saja kita lihat prgoramnya.

di atas adalah tampilan program pascal yang berisi validasi terhadap huruf. Jika kita menginputkan data berupa huruf maka akan muncul pemberitahuan inputan tidak boleh huruf. Mengapa bisa demikian? Nah, ayo kita bahas. Program di atas adalah penambahan pada program super sederhana sebelumnya. terlihat disana variabel input yaitu yang semual n dan bernilai integer di ubah menjadi n_val yang bernilai string. Mengapa bernilai string? itu karena pada perintah val(n_val,n,code) memerintahkan untuk mengkonversi nilai string menjadi nilai integer, dan nilai konversi tersebut disimpan pada variabel code yang bernilai integer. Maka pada perintah dibawahnya, jika nilai code tidak sama dengan 0, maka munculkan tulisan bahwa “inputan tidak boleh huruf”. Selanjutnya jika data yang diinputkan benar adalah berupa angka, maka nilai tersebut akan dibawa ke variabel n. Sehingga nilai inputan yang benar berada pada variabel n.

Bagaimana? masih bingung? sedikit bingung? atau ingin berkata ” apa sih yang dibahas?” hehe…
oke sob, supaya mudah dimengerti, mending dicoba dulu aja deh. Karena kita gx pernah tau kalo gak nyobak. ner gx?
ini ni tampilan programnya ketika di run.
Oh iya, judulnya kan Validasi Pada Program Pascal dan C++. emmmmmmh, buat validasi pada program c++ nya ditundah dulu ya sob, soalnya ada perubahan rencana dari mau dibuat menjadi nyusul aja deh.. hehe🙂 Maklum baru inget masih ada tugas-tugas nih.

Seperti biasa, ayo kita berbagi pengalaman dan ilmu-ilmu sesuai artikel di atas, memalui komentar dibawah ya. Mungkin ada dari sob-sob yang memiliki teknik validasi yang lebih mudah dan gampang dimengerti😀

  1. makasi bli, sangat membantu banget🙂

  2. bli, saya mnt tolong gimana sih caranya bkin validasi terhadap inputan huruf?
    mohon bantuannya thnks

  1. November 26th, 2011
    Trackback from : Ben Fortier

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: